Posted by: jagrag | January 5, 2008

Pernahkah Terpikir Anda Terlahir dengan Hutang?

“Mas, kemaren aja orang dari bank dateng lagi, nagih”

“Lho, kamu ngapain pinjem duit ke bank segala? Buat apa?!”

Buat lahiran anak saya. Kalo saya ga pinjem duit ke bank, ongkos tinggal di rumah sakit nanti makin mahal”

Hati saya trenyuh seketika. Seorang laki-laki berumur kira2 20 tahun, lebih muda dari saya, menikah karena (maaf) kecelakaan, kini sedang berusaha mencari uang untuk menebus hutang di bank yang tinggal Rp. 300 ribu demi kelancaran proses kelahiran anaknya itu. Malang sekali bayi itu, terlahir dengan hutang. Maka bersyukurlah kita yang tidak mengalaminya.Terlepas dari benar-salahnya si bapak, gimana dengan nasib si anak? Begitu tidak manusiawinya kah negara ini sampai-sampai seorang bayi yang baru lahir sudah harus menanggung hutang? Apakah kalo si bapak tidak punya uang berarti si anak tidak berhak lahir?

Inilah dunia yang selama 23 tahun tidak pernah saya sentuh. Dunia orang-orang kecil. Saya mulai menyentuh dunia ini kira-kira setahun lalu ketika saya coba bikin warung dan mempekerjakan mereka-mereka ini. Bayangkan saja, hidup di Bandung dengan penghasilan Rp. 400-700 ribu dan nafkah itu harus cukup untuk dirinya sendiri, istri dan seorang anak, belum lagi ongkos kontrakan, air dan listrik. Jangankan untuk biaya proses persalinan, untuk beli beras aja mereka harus kas bon. Awalnya tidak masuk akal bagi saya, tapi ternyata mereka bisa. Tidak ada istilah manajemen keuangan dalam kamus mereka.

Dulu tujuan awal saya buka warung chinese food (namanya RIWARIWI) salah satunya karena pengen eksis di mata teman, orang tua dan calon mertua serta menuruti katahati karena memang saya punya passion bisnis. Setelah mengenal pegawai-pegawai saya, tujuan tersebut berubah total. Yang menjadi tujuan lebih dalam saya adalah: membuat orang lain bahagia. Selanjutnya ini saya jadikan salah satu motivasi saya sampai saat ini. Terlihat sulit dan agak muluk memang, tapi saya berusaha.

Saya tidak akan lupa dengan mereka, orang-orang yang mengubah jalan hidup seorang pemuda hingga kini ia mengerti tujuan hidupnya.

Tambahan:
Untuk melahirkan tanpa hutang, Rumah Zakat kini menghadirkan fasilitas Rumah Bersalin Gratis (RBG). Linknya adalah: http://www.rumahzakat.org/alamat_klinik.php
*Sebarkan info baik ini ke orang-orang yang kurang mampu sebagai pengganti sedekah…


Responses

  1. Pertamax.
    Mohon doanya ya…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: