Posted by: jagrag | March 4, 2008

Stretching nulis

Stretching kalo dibahasaindonesiakan (<– penulisannya sesuai dengan kaidah EYD ga ya?) berarti peregangan. Ternyata stretching bukan hanya istilah dalam dunia kebugaran saja (nah, ini ga sesuai kaidah penulisan Bahasa Indonesia, ada “bukan hanya” dan “saja”) melainkan juga dalam dunia psikologi. Secara umum stretching adalah melakukan usaha melebihi apa yang dilakukan sebelumnya dalam arti positif [1].

Kalo dalam dunia kebugaran, stretching berarti melakukan usaha peregangan otot melebihi regangan normal yang biasa dicapai untuk membiasakannya dengan regangan lebih ketika melakukan aktivitas kebugaran [1].

Kalo dalam dunia psikologi, stretching berarti melakukan usaha psikis melebihi kebiasaan untuk mencapai tujuan yang dikehendaki [1].

(sampai pada bagian ini acara menulis terhenti karena lapar, pergi makan dulu ke kantin. eee balik2 udah ilang mood)

Contohnya: Berbicara di depan umum itu juga stretching bagi orang-orang yang mudah demam panggung. Kenalan sama lawan jenis dan berusaha ngobrol dengan tenang itu juga stretching bagi yang gugup-an sama lawan jenis. Masuk ke lingkungan baru juga termasuk stretching.

Dalam satu training motivasi yang pernah saya ikuti, memaknakan stretching secara lebih dalam yaitu keluar dari zona nyaman untuk menjadi lebih baik. Biasa bangun siang, stretching bangun pagi, hasilnya bisa lebih produktif. Biasa nerimo, stretching memperjuangkan diri sendiri. Biasa dapet nilai biasa2 aja, stretching belajar lebih tekun untuk dapat nilai lebih bagus.

Posting-an ini pun merupakan stretching buat saya setelah lebih dari sebulan ga nulis (eh, ga juga ding). Biasanya males-malesan nulis, saya paksakan untuk nulis. Yaaa hasilnya kaya gini, acakadutgorenggoreng.

1. Alfa Khinani, “Sotoy dan Kesotoyan”, 2008


Responses

  1. – Besok main badminton, harus stretching dulu …
    – Harus banyak-banyak stretching nih kalau mau
    dapat calon he he

    * Pesen Sotoy Ayam-nya satu mas >šŸ™‚

  2. Kirain habis streching trus main badminton.
    Tu…Mas Rayyan sdh gak terkalahkan badmintonnya.

    Sotoy embeknya tambah satu deh…

  3. ~ Rayyan : tenang mas biar saya bantu stretching biar cepat menikah . . . atau saling membantu . . . he. . . 2x. . . .


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: