Posted by: jagrag | March 13, 2008

Kritik ITB

Boleh jadi saya yang kurang gaul, boleh jadi publikasi situs ini yang kurang (atau disengaja), atau dua-duanya. Situs yang saya maksud adalah www.kritik-itb.com. Saya baru menemukan sendiri situs ini baru-baru saja.

Sesuai dengan namanya, situs ini berisi kritikan-kritikan terhadap ITB. Akademis, birokrasi, kemahasiswaan dan keuangan adalah beberapa hal yang banyak disoroti. Tulisan-tulisan di dalamnya bukan ‘asal jeplak’ saja menurut saya meskipun tulisan-tulisan ini berasal dari banyak sumber. Ini rupanya karena di belakang ada editor.

Kalo pengen tahu berita terbaru bahkan isu yang sedang berkembang di sana, lebih ‘kena’ baca situs ini daripada baca news archivenya www.itb.ac.id. Salah satu bahasan yang menarik adalah 25 orang kuat yang diramalkan mencalonkan diri menjadi rektor ITB di 2010.

Banyak hal yang berubah semenjak pemerintahan rektor terakhir, belum ketahuan perubahan itu nanti memperbaik atau malah memperburuk. Seorang pemimpin memang butuh oposan. Saya cuplik salah satu artikel yang ada disana ya:

1. Kata Joko Santoso “ITB sudah world class” Kenyataannya, ITB berada pada urutan 258 Times Higher Education di bawah Universitas Indonesia yang berada pada urutan 250 (kompas 15 November 2006). Reputasi ini terus menurun dari tahun ke tahun. PAda Juli 2006 menurut Webometrik ITB berada pada urutan 43 dalam Top 100 Asia. Tetapi pada Juli 2007, ITB terjun bebas ke urutan 104 di ASia.

2. Kata Joko Santoso: “Dosen ibarat selembar benang dan ITB adalah benderanya. Kalau benang tersebut tercabut, bendera ITb akan tetap berkibar. Kalau ada dosen yang tidak sependapat dapat dikotakkan atau dipecat, maka ITB tetap berjalan sebagaimana adanya”. Kenyatatannya, pada saat ini jumlah guru besar hanya 70 orang, dari 100 orang pada 3 tahun lalu. Joko santoso menyalahkan MGB yang tidak mampu melakukan pembinaan suksesi yang efektif.

3 Kata Joko Santoso “Mahasiswa malas, dan dosen-dosen MIPA tidak inovatid dalam proses pembelajaran.”
a. Kenyataannya, Tingkat Droup Out di Tingkat Persiapan Bersama menunjukkan angka 10% untuk setiap angkatan.
b. Minat terhadap lulusan ITB telah menurun dan sekarang telah menjadi yang kedua setelah UI (Tempo Desember 2006- Januari 2007).

4. Kata Joko Santoso “Saya sangat kaya”
a. Kenyataannya, memang insentif untuk Pimpinan ITB dapt diatur sendiri. Dan khusunya Joko Santoso mendapatkan tambahan dari perusahaannya Petroleum Geoscince (yang tentu menyaingi LAPI dan LPPM ITB).
b Kenyatannnya anggaran ITB 2008 turun 10 persen dibandingkan dengan tahun 2007. Satu-satunya anggaran di PTN Indonesia yang tidak tumbuh bahkan tidak mampu mengimbangi tingkat inflasi.
c Kenyataannya. dana ITb digunakan antara lain untuk membiayai kedatangan Jususf Kalla yang bernilai 1 milyar (lobby untuk mentri?), Forum Rektor yang kontroversil, lobby pendirian Kampus Delta Mas Bekasi dan perjalanan-perjalanan luar negeri tanpa hasil.

5. Restruktruisasi ITB melelahkan dan meresahkan karena tidak tahu arahnya kemana. Pemecahan fakultas terjadi tanpa konsep akademik. REorganisasi fakultas dengan cara ambil alih paksa Geofisika oleh Teknik Geofisika, pemecatan intimidatif terhadap Dekan, Ketua Program, Pejabat LAPI, Ketua Pusat Penelitian, termasuk KEtua kelompok Keahlian, dan mutasi paksa Geodesi ke lingkungan FITB tanpa konsultasi dengan Senat Akademik dan MWA.

Situs ini tidak ketahuan siapa yang bikin, IP addressnya pun tidak bisa di-resolved (ternyata bisa ding, IP address US). Untuk urusan kritik-mengkritik memang butuh privasi. Tapi ini tidak masalah karena saat ini, menurut saya, memang ITB sedang butuh kritik! Dari siapa pun!

Mari alumni-alumni ITB, kunjungi situs ini, mari peduli pada ITB!!!


Responses

  1. Setuju! Yg nomor 2 itu sombong banget

  2. Moga-moga ada hasil positif…

  3. wah makasih sudah di muat di blognya.
    kalo anda mau menyumbang tulisan boleh juga.
    Register dulu baru bisa memasukkan tulisan.
    kerahasiaan penulis dijamin.

    editor


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: