Posted by: jagrag | April 10, 2008

Gusti Allah mengaturnya dengan indah

Tulisan ini tergenerasi karena adanya tulisan di blog Harapan Diri.

Betapa indahnya Gusti Allah mengatur segalanya. Saya mengagumi hal ini ketika merenung mengenai jodoh. Betapa indahnya kalo diingat-ingat, perjalanan menemui jodoh, dari yang sama sekali tidak kenal, dari yang letaknya berjauhan, menjadi kenal, menjadi dekat, dan bersatu. Ketidaksengajaan, pilihan-pilihan, seakan-akan sudah diaturNya.

Satu lagi bukti bahwa Gusti Allah mengatur segalanya dengan indah. Akhir bulan November saya dan seorang kawan pergi ke Malaysia untuk melanjutkan belajar. Selama di Malaysia kawan saya ini sering sakit meskipun bisa dibilang ringan. Dugaan saya sih karena adaptasi, ditambah lagi karena dia susah sekali makan, “masakan Malaysia ga seenak di Indonesia”, ujarnya. Menjelang pertengahan Januari, sakitnya semakin parah, dia tidak bisa masuk kerja, riset pun dia lupakan.

Setelah mendatangi beberapa klinik, rumah sakit dan ketemu dokter yang memberikan diagnosis tidak tepat, akhirnya kami mendatangi seorang pakar jantung di sebuah rumah sakit. Berdasarkan diagnosisnya, kawan saya terkena Endocarditis, harus dirawat inap. Mulai dari situlah perawatan intensif terhadap kawan saya dilakukan, diketahui lagi bahwa dia terkena bakteri Tuberculosis dan menyerang otaknya. Sampai saat ini dia sudah menjalani empat kali operasi di otak. Satu operasi untuk mengeluarkan cairan yang tertimbun dalam otak, Satu operasi untuk memasang VP-Shunt dalam otak, dan dua operasi untuk me-revise VP-Shunt tersebut.

Ada yang tahu berapa biaya operasi VP-Shunt di Indonesia? 75 juta rupiah sekali operasi!! Ini menurut informasi seorang dokter yang bekerja di salah satu rumah sakit di Jakarta. Tak disangka, ternyata operasi besar semacam itu hanya berbiaya 800 ringgit di rumah sakit kerajaan (negeri) di Malaysia, atau sama dengan 2,3 juta saja. Sampai saat ini biaya keseluruhan selama kurang lebih 2,5 bulan di rumah sakit mencapai 8000 ringgit, atau setara dengan 23 juta saja!! Jauh lebih rendah dibanding satu kali operasi saja di Jakarta. Ada lagi yang lebih menarik, biaya-biaya itu nanti sebagian akan ditanggung oleh asuransi!

Saya semakin yakin bahwa Gusti Allah mengatur semuanya dengan indah setelah mendengar bahwa bakteri TB itu sudah ada dalam tubuhnya 2, 3, atau bahkan 10 tahun lalu. Mengapa tidak 2, 3 atau 10 tahun lalu dia sakit seperti ini? Itulah rahasiaNya. “kawan saya pergi ke Malaysia bukan untuk belajar, tapi untuk berobat”, pikir saya.

Baru saja kami sampai Malaysia, baru saja kami mendapatkan asuransi, tapi ‘baru saja’ tersebut adalah waktu yang terbaik. Memang benar, setiap musibah ada hikmahnya. Jadi tetaplah berpikir positif bagi yang sedang mengalaminya. Indah sekali Gusti Allah mengaturnya…


Responses

  1. Wah sungguh indah. Semoga kita selalu bisa mendapat skenario2 yg indah dari Allah

  2. Subhanallah indah betul rencana Allah🙂

  3. subhanalloh tak akan mampu manusia menghitung kenekmatan yang di berikan kepada umatnya ,maka bersyukurlah senantiasa Alloh akan menambah kenikmatan itu

  4. Saya mempercayai bahwa ALLAH maha mengatur urusan dunia dan akhirat kita bukan hanya indah.. tapi juga sempurna !! kesempurnaan hanya milikNya.. I want to know what love is ini juga hanya ALLAH yang mampu menjawabnya.

  5. @Budi SUlistyo
    Amiin Yaa Robbal ‘Aalamiiin…

    @lainnya
    memang…

  6. Cerita yang bagus.. Memotivasi kita untuk selalu kembali padaNya.🙂

  7. benar-benar Alloh maha sempurna

  8. habis baca artikel ini langsung nangis ;'(
    Allah memang ada🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: