Posted by: jagrag | April 10, 2008

Kamus English – Indonesia

Barang baru buat saya.

www.kamus.net yang biasa saya gunakan sedang down, tidak bisa di akses. Kebiasaan yang udah jadi candu: search di google (btw, akhir-akhir ini saya semakin khawatir dengan ketergantungan saya sama search engine satu ini). “Kamus inggris indonesia”, itu yang saya ketikkan, keluar deh result. Rangking pertama, www.kamus.net, tidak saya pilih karena memang lagi down. Rangking kedua, www.sederet.com, itu yang saya klik.

Kesan pertama, biasa saja, kesan kedua setelah menginputkan kata, “waow..”. Satu kata yang saya masukkan menghasilkan puluhan translation beserta kombinasinya dengan kata lain. Saking banyaknya sampe capek scroll-nya, tapi gampang, tinggal ctrl+F, search lagi kata yang tepat. Beuh, ini yang saya butuhkan dari dulu. Database kata yang dia punya banyak sekali, tampaknya.

Satu lagi yang menarik, sederet.com menyediakan SederetBrowser, mirip dengan www.sederet.com, tapi standalone seperti program dictionary lainnya. Linguist? lewat. Cuma memang harus konek dengan internet. Downloadnya gratis meeen!! Sekali lagi, khratish!! Jadi ga kuatir dibilang membajak, kalimat-kalimat yang dihasilkannya pun InsyaAllah barokah. Wahai para pelamar kerja yang sedang nulis CV dalam bahasa inggris, gunakan saja sederet.com ini daripada Linguist bajakan biar barokah, lamarannya diterima, lulus test dan dapet kerja. Amiin. (jadi teringat kawan yang perusahaannya ditutup). Bisa didownload disini (.zip, 234 Kb).

Knapa namanya sederet? Tidak tahu. Ada pihak pengembang yang bisa memberikan penjelasan? Padahal namanya cukup menipu, buktinya saya baru menemukan benda ini setelah dua tahun (2006) ia diluncurkan. Dulu saya selalu menggunakan www.kamus.net karena ia yang paling banyak digunakan oleh orang (terbukti dari rangking di google). Kalau coba search dengan keyword lain, sederet.com ini dapet rangking 2 keatas, artinya, kalah populer dengan yang lain. Padahal benda-nya bagus.

Cukup. Silakan mulai bergerak.

*memasukkan www.sederet.com dalam bookmark.

*ditulis dengan ikhlas, tapi… ada yang mau bayar saya?😀


Responses

  1. Pak Arry Arman ada hubungannya dengan ini?

  2. Salam kenal🙂

  3. Terima kasih banyak

  4. Kalau arti dari nama saya ada di kamus ini gak mas? … belum ketemu sampai sekarang🙂

  5. ada juga neh kamus online yang ok http://www.inbahasa.com bisa nerjemahin paragraf tapi sepertinya belum bisa menyaingi kamus pak Arry . . . he . . .

  6. Info menarik, terima kasih.

  7. yup, banyak membantu.

  8. @Xiexie
    sama-sama…

    @Rindu
    ada. ‘rindu’ pan? kalo ‘rindu akan’ artinya ‘sick for’, jadi kalo ‘rindu’ aja artinya ‘sick’😀

    @Primus
    Informasi yang bagus, setelah dicoba kuciwo, mas.

    @gajahkurus
    gajah kurus artinya thin elephant

    @apiqquantum
    apiqquantum artinya no result found

  9. Wah2,,, jagrag…
    terimakasih yak atas infonya,,, lagi butuh kamus online nih,,, kalo baca2 artikel berbahasa inggris biar bisa lebih cepet,h3x,,,

    tapi juga takut ketergantungan sie,,, tapi moga2 tidak de,,,

    terimakasih yak


Leave a Reply

Categories

